Cara memperbaiki optik Playstation

Cara memperbaiki optik Playstation



Jika Playstation anda tidak bisa membaca cd game, loading lama, ataupun alami Hang di tengah-tengah permainan, kerjakanlah kontrol di bawah ini saat sebelum anda mengambil keputusan untuk melakukan perbaikan atau ganti optik Playstation (ini berlaku untuk PS1 serta PS2).

Cobalah pakai sebagian cd game. Hal semacam ini untuk meyakinkan bahwa cd game yang anda punyai tak rusak. Bila seluruhnya cd game itu tak dapat digerakkan, dapat di pastikan bahwa optik itu alami rusaknya. Apabila cuma beberapa dari cd game itu yang dapat dimainkan, itu tandanya bahwa optik itu telah lemah. Langkah awal saat sebelum anda membongkar Playstation yaitu bersihkan lensa optik dengan memakai Cotton Bud (untuk PS2 tidak tipis, anda sangat terpaksa mesti membongkar Playstation untuk dapat terhubung optik itu).

Bila telah meyakini bahwa optik Playstation anda rusak, kerjakan prosedur dibawah ini.
Playstation 1
-Untuk buka optik PS1, bebaskan ke-6 baut yang ada dibagian bawah sampai terlihat seperti gambar.


-Bersihkan seluruhnya benda yang bergerak pada mekanik optik terlebih Rel Optik.
-Lakukan penyetelan pada Variabel Resistor (VR). Untuk yang satu ini, kerjakan dengan HATI-HATI. Langkahnya yaitu dengan memutar VR ke arah kiri (untuk memperlemah cahaya laser), atau ke arah kanan (untuk menguatkan cahaya laser). Senantiasa memutar VR ke arah kiri terlebih dulu sedikit untuk sedikit serta janganlah memutar melebihi 45 derajat. Lantas tes Playstation anda. Bila masih tetap belum dapat, barulah memutar VR ke arah kanan. Sekali lagi janganlah melebihi 45 derajat. Setelah itu kerjakan pengetesan.

Anda telah lakukan seluruhnya panduan serta nyatanya masih tetap belum dapat memainkan Playstation anda? Tenang,.. Masih tetap ada cara paling akhir. GANTI OPTIK ANDA hehehe...)

Playstation 2
-Untuk melakukan perbaikan optik PS2, langkahnya lebih kurang sama juga dengan cara melakukan perbaikan optik PS1. Ketidaksamaannya pada optik PS2 ada 2 VR, 1 untuk cd game PS1 serta 1 lagi untuk cd game PS2. Untuk tempat VR pada optik PS2 slim, silakan saksikan pada gambar.

-Untuk keluarkan optik itu, cukup buka ke-2 baut di besi rel optik.

wdcfawqafwef